Nirkabel: Koneksi nirkabel[tidak pakai kabel] dianggap lebih nyaman dibanding memakai kabel, tetapi biasanya cukup sensitif dan koneksinya lebih lambat.


Wi-Fi dan Wi-Fi Direct
WLAN (Wireless Local Area Network) digunakan semua aplikasi saat data tidak memungkinkan dikirim melalui kabel (jaringan di rumah dan hotspot publik). Koneksi Wi-Fi sangat penting bagi smartphone dan tablet, misalnya untuk men-download data dalam jumlah besar dari Internet atau untuk mengakses data dari perangkat lain dalam jaringan yang sama. Biasanya, komunikasi antarperangkat nirkabel dikontrol oleh sebuah router, namun dalam koneksi Wi-Fi Direct perangkat bisa saling terhubung langsung (peer-to-peer) seperti layaknya koneksi Bluetooth. Teknologi ini bersaing dengan Bluetooth. Wi-Fi Direct Miracast tidak membutuhkan kabel HDMI atau USB.
Bluetooth 4.0 & aptx
Bluetooth berperan penting dalam mengirimkan sinyal audio, sehingga smartphone bisa terhubung dengan headset. Dalam ranah home entertainment, Bluetooth sering digunakan untuk streaming musik dari smartphone ke pemutar musik atau langsung ke speaker. Protokol Bluetooth 4.0 yang dikembangkan mengonsumsi daya lebih rendah. Karena transmisinya bersifat lossy, biasanya Bluetooth digunakan dalam perangkat high-end yang memiliki codec aptX dan memproses sinyal yang hilang. Karena kecepatan transfer yang rendah dan teknologi nirkabel yang makin maju, Bluetooth mulai ditinggalkan namun masih digunakan untuk komunikasi antara PC dengan perangkat lain.
Miracast
Beberapa waktu yang lalu, Apple mengembangkan Airplay, protokol khusus yang memungkinkan streaming layar iOS ke TV. Miracast kini menjadi alternatif yang bersifat terbuka. Pabrikan nVidia, Qualcomm, Samsung, dan LG telah meng­umumkan dukungan mereka dan memproduksi perangkat yang mendukung Miracast seperti Samsung Galaxy S III dan Google Nexus 4. Android mulai menggunakan Miracast sejak versi 4.2. Konsol game Wii U pun menggunakan koneksi ini untuk kontroler layar. Perangkat bersertifikasi Miracast memiliki kontrol Wi-Fi Direct dan mampu men-streaming video 1080p. Saat ini, belum ada TV yang mendukung Miracast.
NFC
NFC (Near Field Communication) adalah teknologi radio yang mengandalkan chip RFID yang telah banyak digunakan untuk pembayaran non tunai seperti Visa atau MasterCard. Teknologi NFC cocok digunakan untuk pertukaran data dalam jarak dekat. Sejak Google meluncurkan fungsi Android Beam NFC dalam Android versi 4.0, NFC mulai dikenal luas, terutama di kalangan pengguna Android. Meski begitu, jenis data yang ditransmisikan masih terbatas. Karena kecepatan transfer yang rendah, NFC hanya digunakan untuk pertukaran data ukuran kecil, seperti aplikasi smartphone, link web, koordinat Google Maps, atau bertukar kontak.

Kabel: Dalam home network, tak ada yang lebih stabil selain koneksi kabel walau kadang bisa menyebabkan kesemrawutan jika tidak ditata rapi.

LAN
Kabel LAN, atau disebut Ethernet, jaringan, dan kabel RJ45, merupakan koneksi standar untuk akses Internet di dalam rumah. Alat ini berfungsi sebagai penghubung antara PC de­ngan router untuk mentransfer data secara cepat. Jika Anda memiliki bandwidth besar dengan perangkat yang sedikit, kecepatan transfernya akan semakin tinggi. Kabel LAN sangat dibutuhkan terutama saat ingin menghubungkan perangkat namun tidak ada koneksi nirkabel atau koneksi Wi-Fi yang ada tidak stabil.
USB
USB (Universal Serial Bus) adalah interface yang menggantikan standar PS/2 (mouse, keyboard). Sejak versi 3.0 (port berwarna biru), kecepatan transfer USB sudah mencukupi  untuk transfer data kecepatan tinggi, bahkan untuk monitor dan kartu grafis eksternal. USB juga menjadi pemasok daya untuk perangkat lain (500 mA hingga 1.500 mA). Belum ada alternatif nirkabel yang bisa meliputi semua area USB. Komunikasi nirkabel antar-dua perangkat juga bisa menggunakan Bluetooth atau Wi-Fi.
HDMI
HDMI (High-Definition Multimedia Interface) adalah interface universal yang digunakan pada perangkat multimedia. HDMI juga memiliki dukungan dalam jaringan yang disebut HDMI Ethernet Channel, atau disingkat HEC. Kendalanya saat ini adalah video 4K (UHD) dengan resolusi 3840 x 2160 pixel hanya bisa ditransfer 30 frame per detiknya. Namun HDMI 2.0 (18 Gbit/detik) sudah mampu melakukan streaming video 4K dengan mudah. Alternatif nirkabelnya adalah Miracast, namun hanya mendukung video hingga 1080p.
MHL
MHL (Mobile High Definition Link) adalah alternatif HDMI yang biasa digunakan ponsel untuk menghemat ruang penyimpanan pada perangkatnya. Koneksi MHL memanfaatkan konektor Micro USB ponsel dan input yang kompatibel dengan input HDMI di TV. Akan tetapi, karena belum banyak TV yang dilengkapi dengan input MHL-enabled, sebuah adapter diperlukan sebagai power supply (lihat gambar). Selain itu, MHL memiliki konstruksi yang mirip dengan SlimPort HDMI, yang saat ini masih jarang digunakan dalam home networking.

takeitfrom[Chip.co.id]